Tutorial #4 Cara Memahami Dan Menggunakan Layer Pada Adobe Photoshop
Dengan menggunakan layer kita dapat mendesain, atau mengedit gambar yang ada di kanvas tanpa harus merusak, mengganggu atau mengubah object-object yang ada disekitarnya. Kalau dianalogikan, kita dapat membayangkan layer sebagai tumpukan plastik transparansi. Setiap plastik mengandung object-object yang khas, dan apabila plastik- plastik itu ditumpuk maka kita akan melihat sebuah object yang khusus. Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat pada gambar dibawah ini:
Setiap kali Anda membuat kanvas baru, satu buah layer akan tercipta untuk Anda, yaitu “Background”. Layer ini khas dibanding dengan layer yang lain. Kekhasan tersebut antara lain:
• Layer background tidak dapat dihapus
• Object yang ada dilayer background tidak dapat serta merta dipindahkan. Untuk memindahkannya harus menyeleksinya terlebih dahulu.
• Anda tidak bisa menggunakan fasilitas blending option, layer option, opacity dan fasilitas-fasilitas layer lainnya.
• Layer background dapat dirubah menjadi layer biasa dengan cara:
❖ Klik dua kali layer background sehingga muncul pesan sebagai berikut :
Ada dua cara yang lazim digunakan untuk membuat layer baru, yaitu:
Sebuah layer baru akan terbentuk secara otomatis pada saat Anda membuat object diatas kanvas dengan menggunakan tool-tool seperti: text tool, ellipse tool, rectangle tool, line tool dan lain sebagainya.
Jika ingin membuat layer secara manual maka Anda dapat melakukan klik pada menu layer Ø New layer atau dengan menekan shortcut keyboard Ctrl + Shift + N.
Setiap layer kecuali “Background” dilengkapi dengan fasilitas “opacity”. Fungsinya untuk mengatur transparansi layer tersebut terhadap object yang ada di layer tersebut.
Untuk mengatur nilai opacity layer maka Anda dapat melakukan langkah sebagai berikut:
✓ Klik layer yang akan diatur opacity nya
✓ Kemudian atur nilai opacity nya. misalnya 30%
Anda bisa menduplikat beberapa layer untuk mendapatkan object yang sama. Cara menduplikatlayer tersebut adalah dengan cara sebagai berikut:
▪ Bawa layer yang akan dicopy ke dalam icon duplicate layer yang terletak disebelah kiri bawah window pallete
Proses penggabungan dua layer menjadi satu disebut dengan “Merge”. Setelah layer tersebut digabung maka layer tersebut akan menjadi satu kesatuan dimana kalau Anda edit salah satunya yang lain akan teredit.
Cara menggabungkan layer adalah dengan menekan layer Ø merge down atau dengan menekan tombol shortcut Ctrl + E
Flaten image digunakan untuk menggabungkan semua layer yang ada sehingga menjadi satu layer yaitu “background”. Langkahnya adalah sebagai berikut klik layer Ø flaten image.
Untuk menghapus layer yang sudah tidak diperlukan lagi langkah yang dilakukan adalah klik layer yang akan dihapus Ø layer Ø delete Ø layer.







